Pengenalan Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula


Apa itu Android

Android adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Google. Android dibuat khusus untuk smartphone dan tablet. Berbagai macam produsen telah menggunakan Android sebagai sistem operasi untuk peranti (device) yang mereka produksi. Android juga mempunyai store dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulannya, per Januari 2018.

 201706221926492bd2822e5fe8ea2017900aa582e66aab.jpg

Mengapa Android

Kenapa menggunakan Android ?
Android memanjakan penggunanya dengan fitur yang sangat canggih dan tampilan yang bagus. Sistem Android dapat digunakan sebagai alat multimedia seperti pemutar musik dan video. Ia juga memiliki perangkat keras seperti accelerometergyroscope dan sensor lainnya.
Di samping itu ada beberapa hal yang membuat Android menjadi sistem operasi yang memang layak digunakan oleh pengguna atau dikembangkan para developer, seperti yang akan diuraikan berikut ini.

Sistem Operasi Smartphone Terpopuler

Pada tahun 2013, Android menjadi operation system (OS) terlaris pada tablet dan smartphone. Kini market share Android sedikitnya 80 % dari total penjualan smartphone di tingkat global (statista.com). Tercatat pada tahun 2016 Android store memiliki lebih dari 2.8 juta aplikasi.
Android menarik bagi perusahaan teknologi yang membutuhkan barang siap jadi, biaya rendah dan kustomisasi OS untuk perangkat teknologi tinggi mereka. Hal ini menjadi daya tarik bagi banyak perusahaan, sehingga mereka memilih Android.
Source code dari Android bersifat open source. Ini adalah hal menarik bagi komunitas developer, karena lisensi open source sangat mendukung untuk mengembangkan produknya dengan aman.

Store

Aplikasi Android bisa didistribusikan menggunakan webcopy APK, dan store. Android store , yaitu Google Play, merupakan cara termudah bagi para developer untuk mendistribusikan aplikasinya ke pasar dengan miliaran pengguna.
201706221932109d3521dbd3b450715dab6882df5fe70a.png
Google play merupakan store resmi Android yang dikelola oleh Google. Pengguna bisa mencari dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan Android Software Development Kit.
Google Play tak hanya menawarkan aplikasi. Ada beragam konten lainnya yang dapat dinikmati pengguna, misalnya media digital, musik, buku, majalah, film dan program televisi.
Bagaimana para developer memonetisasi aplikasi yang ada di dalam Google Play?
Strategi monetisasi aplikasi yang ditawarkan Google Play ada bermacam-macam. Dimulai dari app berbayar (paid distribution), pembelian dalam aplikasi (in-app purchase), langganan (subscriptions), dan iklan (ads). Tentunya developer harus mengikuti aturan yang ada untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman (user experience) terbaik.

Development Kit untuk Developer

Android Software Development Kit (SDK) merupakan kit yang bisa digunakan oleh para developer untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Di dalamnya, terdapat beberapa tools seperti debuggersoftware librariesemulator, dokumentasi, sample code dan tutorial.
Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Java. Namun ada beberapa bahasa lainnya yang dapat digunakan, seperti C++ dan Go. Pada IO 2017 Google juga menetapkan Kotlin sebagai tambahan bahasa resmi.
201706221933087683ac5138be87f3d9d0bc0cec29749d.png2017062219332002f502346d38e4f279610a842f772c61.png
Berbicara tentang pemrograman tentunya tak lepas dari Integrated Development Environment (IDE). Pada 2014 Google mengeluarkan IDE yang bernama Android Studio yang berbasiskan Intellij IDEA.
Dengan menggunakan Android Studio, para developer dapat membuat aplikasi dari nol hingga dipublikasikan ke dalam store. Android Studio juga mempunyai beberapa fitur built-in yang sangat membantu para developer untuk memaksimalkan proses pembuatan aplikasi. Fitur-fitur ini misalnya Gradle, Code Completion, dan beragam integrasi dengan layanan dari Google, seperti Firebase.

Sejarah Perkembangan Android

Berikut adalah rangkaian sejarah perkembangan Android yang resmi diluncurkan oleh Google dari waktu ke waktu.
Version
Code name
Release date
API level
DVM/ART
New features
Icon
1010September 3, 201929ART
  • Live Caption
  • Smart Reply
  • Sound Amplifier
  • Dark Theme
  • Privacy & Security
  • Digital Wellbeing
Image result for android 10 logo'
9
Pie
August 6, 2018
28
ART
  • Adaptive Battery
  • Adaptive Brightness
20190823105240470f1bae782d8cdc78ac13112f62aea8
8.0-8.1
Oreo
October 25, 2017
26 - 27
ART
  • Picture-in-Picture
2018042514513598d24b0028bc7fa0a4f5441667ff73b5.
7.1 - 7.1.2
Nougat
August 22, 2016
24 - 25
ART
  • Multi window
  • GIF Keyboard
20180425145145bf02f3e00285e69746565d501ff6f095.
6.0 - 6.0.1
Marshmallow
October 5, 2015
23
ART
  • Now On Tap
  • Permissions
  • Battery (Doze & App Standy)
2018042514515182ef64d006e223e15bf1cb934a632e1a.
5.1 - 5.1.1
Lollipop
November 12, 2014
21 - 22
ART
  • Material Design
  • Multiscreen
  • Notifications
20180425145158da6a1f9653f83880c762f6bb8bb7b3b4.
4.4 - 4.4.4
KitKat
October 31, 2013
19 - 20
DVM (and ART 1.6.0)
  • Voice : Ok Google
  • Immersive Design
  • Smart Dialer
2018042514563077b30ce8b41c209eb35701a76879455a.
4.1 - 4.3.1
Jelly Bean
July 9, 2012
18
DVM
  • Google Now
  • Actionable Notifications
  • Account Switching
20180425145216dc0af7ee77508796f898347fc963f806.
4.0 - 4.6
Ice Cream Sandwich
October 19, 2011
15
DVM
  • Custom Home Screen
  • Data Usage Control
  • Android Beam
2018042514522480b9cc180288f600800bd1eb68faf9c3.
3.0 - 3.2.6
HoneyComb
February 22, 2011
11 - 13
DVM
  • Tablet-Friendly Design
  • System Bar
  • Quick Settings
2018042514523013020a0e0ac80f21a8d95f6c3a87ab1e.
2.3 - 2.3.7
Gingerbread
February 9, 2011
9 - 10
DVM
  • Gaming APIs
  • NFC
  • Battery Management
201804251455202374a8eb531d205fe53bf83a90003d1b.
2.2 - 2.23
Froyo
May 20, 2010
8
DVM
  • Voice Action
  • Portable Hotspot
  • Dalvik JIT
20180425145305131b62dd1b1f07a39a060786a60dd701.
2.0 - 2.1
Eclair
October 26, 2009
5
-
  • Google Maps Navigation
  • Home Screen Customization
  • Speech-to-Text
2018042514525716ab010c162fb8028778a497b57438e6.
1.6
Donut
September 15, 2009
4
-
  • Quick Search Box
  • Screen Size Diversity
  • Android Market
201804251452518f71a9304dee7dc68c5872411fdf30f8.
1.5
Cupcake
April 27, 2009
3
-
-
20180425145323100ab6e6c8eefc01b6b7e1053ac3c023.

ART dan DVM

Dari tabel sejarah perkembangan di atas dapat kita lihat ada kolom DVM / ART. Kolom ini menunjukkan eksekusi kompilasi ketika menjalankan aplikasi Android. Pada API KitKat dan sebelumnya Android menggunakan DVM (Dalvik Virtual Machine). DVM menerapkan pendekatan JIT (Just-In-Time), di mana kompilasi dijalankan ketika ada permintaan untuk menjalankan aplikasi.
Sedangkan ART (Android Runtime) menerapkan pendekatan berbeda yaitu AOT (Ahead-Of-Time). AOT melakukan kompilasi pada saat proses instalasi aplikasi.
Dari versi Lollipop hingga sekarang, Android sepenuhnya mengadopsi ART. Mengapa demikian?
DVM menggunakan JIT yang berarti kompilasi dilakukan setiap kali aplikasi dijalankan. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan respon aplikasi. Setiap kali kita menyentuh ikon aplikasi maka kompilasi akan dilakukan. Tentu proses ini menghabiskan CPU dan berimbas pada relatif lebih borosnya penggunaan baterai.
Beda dengan DVM, ART melakukan proses kompilasi pada saat proses instalasi. Jadi setiap kali aplikasi dijalankan, sudah tidak ada lagi proses kompilasi. Hal ini meningkatkan performa dalam menjalankan aplikasi. Selain itu karena penggunaan sumber daya CPU bisa dikurangi, pemakaian baterai jadi lebih hemat. Akan tetapi ART membutuhkan space (ukuran berkas) yang lebih besar jika dibandingkan dengan DVM.
Jika ingin mendalami proses run-time yang ada di Android, silakan klik tautan berikut ini: 
Beberapa bacaan dasar yang dapat menambah wawasan Anda, antara lain: 


Android Studio

Android Studio adalah Lingkungan Pengembangan Terpadu - Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA . Selain merupakan editor kode IntelliJ dan alat pengembang yang berdaya guna, Android Studio menawarkan fitur lebih demi meningkatkan produktifitas Anda saat membuat aplikasi Android, misalnya:
  • Sistem versi berbasis gradle yang fleksibel.
  • Emulator yang cepat dan kaya fitur.
  • Lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android.
  • Instant Run untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru.
  • Template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh.
  • Alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif.
  • Alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah-masalah lain.
  • Dukungan C++ dan NDK.
  • Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, mempermudah pengintegrasian Google Cloud Messaging dan App Engine.

Persyaratan Sistem

Windows
Mac
  • Microsoft® Windows® 7/8/10 (64-bit)
  • RAM minimum 4 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • Mac® OS X® 10.10 (Yosemite) atau lebih baru, hingga 10.14 (macOS Mojave)
  • RAM minimum 4 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
Linux
Chrome OS
  • Desktop GNOME atau KDE
    Telah diuji pada gLinux yang berbasis Debian
  • Distribusi 64-bit yang mampu menjalankan aplikasi 32-bit
  • GNU C Library (glibc) 2.19 atau lebih baru
  • RAM minimum 4 GB, RAM yang disarankan 8 GB; tambah 1 GB untuk Android Emulator
  • Ruang disk minimum yang tersedia 2 GB,
    Disarankan 4 GB (500 MB untuk IDE + 1,5 GB untuk Android SDK dan gambar sistem emulator)
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • 8 GB RAM atau lebih yang disarankan
  • Ruang disk minimum yang tersedia 4 GB
  • Resolusi layar minimum 1280 x 800
  • Disarankan Intel i5 atau lebih (U series atau lebih) 
Perangkat yang direkomendasikan:
  • Acer: Chromebook 13/Spin 13, Chromebox CXI3
  • Lenovo: Yoga C630 Chromebook
  • HP: Chromebook x360 14, Chromebox G2
  • Dell: Inspiron Chromebook 14
  • ASUS: Chromebox 3
  • ViewSonic: NMP660 Chromebox
  • CTL: Chromebox CBx
LihatTutupKomentar

Tutorial Cara Deployment (Build APK & IPA) Aplikasi Android Atau iOS Di Flutter

Tutorial Cara Deployment Build APK Atau IPA Di Flutter Setelah melalui tahapan pengembangan aplikasi, salah satu tahapan terakhir yang perlu...